Jumat, Maret 20, 2009

Menjaga Izzah

Black CoMMuNity---

Alkisah, sepasang pengantin hidup rukun berdampingan. Meski tinggal di perumahan biasa, tapi pasangan muda itu dianugerahi harta yang yang cukup. Kedamaian selalu menyelimuti mereka. Alhamdulillah. Sepertinya, keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah hampir menjemput mereka.

Sayang, setelah menjalani bahtera rumah tangga, mereka mulai menemui riak dalam hidupnya. Tiga bulan terakhir, sang suami memiliki hutang yang banyak. Hampir2 benda yang dimiliki nyaris tak tersisa lagi lantaran dijual.

Perang kecil, kerap terdengar dari kediaman mereka. Sang istri pun, mulai uring-uringan. Merasa tak kuat menanggung beban, istri cantik itu mengeluhkan masalahnya pada tetangga sekitar. Tak lama pun, tersiar kabar; suami si A punya hutang sedablek.

Izzah [harga diri] merupakan sesuatu yang diperhatikan dalam Islam. Termasuk bagaimana mengelola dan menjaga izzah orang terdekat, kerabat, atau orang lain. Beruntung, kisah ini hanya cerita imajiner. Tapi, bisa saja terjadi di kehidupan sekitar kita.

Seseorang yang tak mampu menjaga izzah, tentu, mendapat dosa. Keburukan yang disebarkan juga memiliki implikasi psikologis bagi person yang merasa izzah-nya dipermalukan di depan orang banyak. Semoga kita bisa menghindari dari sikap menggunjing dan senantiasa mampu menjaga izzah diri dan orang banyak.

Semoga pula derajat kita selalu ditinggikan, baik di depan sesama hamba dan Sang Khalik, amin. Wallahu `lamu.

© Mahkamah Hati - Template by Blogger Sablonlari - Header image by Deviantart